GALIAN C SUDAH MENGGAMBARKAN ISI OTAK BUPATI JIKA KITA GALI ..!! TIDAK ADA BEDANYA.

ADIROZAL & GALIAN C

Andalasnews.com, Kerinci - Ada banyak pengaduan masyarakat yang masuk ke redaksi Andalasnews dan kesemuanya memiliki Narasi dan diksi yang tajam pedih mengiris. Salah satu narasi yang kami anggap sedikit terdengar ringan dan nyaman ditelinga adalah inisial AJ, beliau mengatakan "GALIAN C SUDAH MENGGAMBARKAN ISI OTAK BUPATI KALAU DIGALI,!" Tegasnya.

Menanggapi hal tersebut pimpred Andalasnews Allen Zondra, M.Sa. (24/08/2020) Mengatakan, "itu adalah sebuah bentuk reaksi kejengkelan dan kekecewaan publik terhadap pemimpin yang mereka anggap lalai dalam menjalankan amanah yang mereka berikan. Selaku pemimpin atau kepala pelayan masyarakat, Bupati harus menghormati kritik-kritik semacam itu sebagai bahan introspeksi diri sekaligus evaluasi untuk memperbaiki kinerja kedepannya," Ujarnya.

Allen Zondra, M.Sa. juga menambahkan," Dampak yang ditimbulkan dari galian C jangan dipandang sebelah mata.!" Bukan hanya merusak sektor sosial, ekonomi, ekologi, dikemudian hari., Tapi juga perubahan rona lingkungan ( Geobiophisik dan kimia ), Pencemaran badan perairan, tanah, udara, menurunnya debit air, terjadi abrasi sungai, serta membahayakan ketahanan jembatan beton dan tanah/rumah masyarakat yang berada diseputaran sungai akibat terkikis secara akumulatif," Jelasnya.

"Kita akui, Aktivitas pertambangan dan lingkungan hidup, ibarat dua sisi keping mata uang. Disamping adanya perputaran ekonomi pengusaha, Galian C juga menambah pendapatan (retribusi/PAD) untuk daerah. Tapi juga harus dikaji ulang apakah restribusi tersebut setimpal tidak? Jika dibanding dengan tingkat kerusakan lingkungan hidup yang ditimbulkan?" Ujarnya.

"Sesuai dengan pengaduan masyarakat yang kami terima, bahwa masih ada sebagian galian C liar yang masih beroperasi. Publik minta agar pihak penegak hukum segera menindak tegas para pelaku. Disisi lain, publik juga mengapresiasi keputusan rapat legislatif beberapa minggu yang lalu, dan ada banyak fraksi sepakat mengecam beroperasinya galian C ilegal tersebut, dan mendesak Bupati segera membuat PERDA," tambahnya.

"Selaku badan eksekutif, Hendaknya Bupati harus lebih tegas lagi, Jangan gagap, gugup, dan ragu-ragu dalam mengambil sikap! "Dianguk idak mati, diasak idak layu, direndam idak basah, diampai idak kering, tabakar idak hangus" Begitulah karakter seorang pemimpin seharusnya," Tambahnya lagi.

"Untuk kedepannya, baik dari pihak eksekutif ( Bupati ) selaku pelayan masyarakat, dan juga legislatif (DPR) selaku orang yang diutus masyarakat untuk mengontrol pelayan, Hendaklah sama-sama "Dimenung dulu baru bicaro, digimang dulu baru dilanting, diagak dulu baru diagih, dipikir dulu baru diperbuat" Artinya harus ada pengkajian mendalam disegala segi sebelum PERDA disahkan, perlu analisis tajam, kalkulasi matang, jangan asal-asalan! Sebab, nasib anak cucu dimasa mendatang, tergantung keputusan yang anda buat saat ini." Pungkasnya.

( Andalasnews/Abdi Jayanegara )

Posting Komentar

0 Komentar