KOLAM RENDAM DAN PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI MEDANG

Kolam rendam air panas untuk rilaksasi

Andalasnews.com, Kerinci - Diantara sekian banyak objek wisata yang ada di kerinci, objek wisata kolam rendam dan pemandian air panas sungai medang patut untuk dikunjungi.

Betapa tidak, kolam rendam pemandian air panas sungai medang dikelola secara baik berdasarkan sumber mata air panas yang terbit secara alami. Percampuran sumber mata air panas dicampur dengan mata air gunung yang sejuk lagi jernih, membuat para wisatawan merasa betah dan nyaman berendam di kolam tersebut sembari rilaksasi.

Berdasarkan penelitian dibidang kesehatan, ternyata banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dengan mandi atau berendam di air panas. apalagi air panas yang tumbuh secara alami dan dikelola dengan baik seperti kolam rendam dan pemandian air panas sungai medang.

Adapun diantara manfaat dan khasiat mandi air panas yang mengandung dzat belerang adalah :

1. Baik Untuk kesehatan kulit.

Belerang adalah mineral alami yang meskipun berbau menyengat tapi telah menjadi metode hidroterapi yang digunakan sejak zaman dahulu kala, yaitu zaman Mesir kuno sampai Romawi kuno. Berendam di air belerang dapat membunuh kuman, virus, dan infeksi jamur. Menurut penelitian kesehatan, belerang secara efektif mengeringkan jerawat dan membantu memberantas akar jerawat yang melekat di dalam pori-pori kulit.

Selain mengurangi peradangan jerawat, belerang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga manfaat air belerang untuk kulit yang lain ialah mengurangi bekas luka dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

Tak hanya membantu proses penyembuhan luka dan mengeringkan jerawat, berendam di air belerang juga dapat menyembuhkan sakit kulit seperti panu, gatal-gatal karena alergi, dan gangguan kulit lainnya. Pasalnya, belerang memiliki sifat keratolytic yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati serta antimicrobial yang berfungsi melawan bakteri dan meredakan inflamasi pada kulit.

2. Melancarkan Aliran Darah

Berendam air belerang juga memiliki manfaat tambahan seperti melancarkan peredaran darah. Di beberapa negara, ritual berendam air belerang menjadi salah satu ritual yang tidak ditinggalkan dan membudaya. Salah satu negara yang mengadopsi kebiasaan ini adalah Jepang. Berendam air belerang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan juga sebagai sarana relaksasi setelah habis bekerja seharian penuh.

Makanya, kebiasaan berendam air panas ini biasanya dilakukan pada malam hari. Selain melancarkan aliran darah, manfaat berendam air belerang yang tidak kalah penting lainnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi sembelit, dan meredakan radang wasir. Sejatinya, berendam air belerang dapat membuka pori-pori yang pada akhirnya menyerap mineral bermanfaat dan mengolahnya menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk kulit.

3. Relaksasi

Tekanan pada air belerang bersuhu panas juga bisa memberikan efek positif pada otot dan persendian. Lebih lanjut, bila secara rutin berendam di air belerang dapat melancarkan sirkulasi darah, membuat stamina tubuh lebih tangguh, dan tidak cepat lelah.

Merendamkan kaki di air belerang juga memiliki manfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu. Buat kamu yang susah tidur bahkan sampai insomnia, merendamkan kaki di air belerang juga bermanfaat membuat tidurmu menjadi lelap.

Nasrul, lelaki ramah yang juga pengelola objek wisata kolam rendam dan pemandian air panas sungai medang menjelaskan, Demi memuaskan para wisatawan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan pengelolaan objek wisata tersebut dengan baik. Hingga saat ini Pada objek wisata tersebut sudah menyediakan kolam rendam berkamar sebanyak 9 kamar, dengan ukuran lebar 3 meter, panjang 3 meter, kedalaman 90 cm, untuk kapasitas 8 orang dalam satu kamar dengan regulasi:

Vip sebanyak 2 kamar lengkap shower tempat membilas, wc dan cermin untuk berkaca. kamar yang berkelas standar sebanyak 4 kamar. fasilitas di dalam:
wc, shower dan cermin.


kamar reguler sebanyak 3 kamar.
Kantin, souvenir, musholla, tempat fitnes,tempat duduk santai, ruang parkir untuk umum (gratis), dan menyediakan transportasi ke destinasi wisata kabupaten keinci, kota sungai penuh.
Selain itu juga disediakan Hotel serambi madinah dengan harga kamar yang sangat terjangkau, yakni
Rp 150.000 /hari, dengan kapasitas mandi air panas gratis. (And)

Posting Komentar

0 Komentar