PEMDES MA. MUDIK BERIKAN BLT UNTUK MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID 19.

Pemdes muara semerah mudik bersama unsur pemdes gelar musyawarah untuk berikan BLT kepada masyarakat yang terdampak covid 19.

Andalasnews.com, Kerinci - Dirasa belum cukup dengan sejumlah bantuan yang diberikan oleh pemerintah desa muara semerah mudik kepada masyarakat yang terdampak covid 19 pada sebelumnya. Pada minggu, (19/4/2020) pkl. 20.00 wib, pemdes kembali menggelar musyawarah untuk memberikan Bantuan langsung tunai (BLT) Kepada masyarakat yang terdampak Covid 19.

Musyawarah dihadiri oleh unsur pemdes, Kadus, Tokoh masyarakat, BPD,  dan para tokoh 4 jenis yang tergabung dalam lembaga Adat yakni :
1. Tokoh Adat
2. Alim ulama
3. Cendikia dan
4. Pemuda.


Setelah musyawarah berjalan dengan Alot tentang sesiapa diantara masyarakat yang lebih berhak menerima BLT dengan alokasi dari DD yang berjumlah lebih kurang 100 juta rupiah tersebut, Kepala desa muara semerah mudik, Vasihan yama putra, SE. Memberikan kesimpulan akhir musyawarah yang telah disepakati dan disahkan pengajuan dokumen calon penerima BLT desa pada forum musyawarah khusus.

"Kesimpulan dari musyawarah, Pengajuan calon KK penerima BLT 60 KK. adapun alokasi anggaran untuk setiap KK yang menerima 600 ribu/bulan, dan itu kita berikan selama 3 bulan" kata vasihan.

Kades muda yang energik, cerdas dan peduli tersebut menambahkan, bahwa BLT yang diberikan oleh pemdes telah di sesuaikan dengan kriteria, mengacu kepada peraturan menteri desa (permendes), dan petunjuk dari dinas PMD kab kerinci.

Selain membahas soal BLT, juga Program desa untuk tahun 2020. Adapun terkait program desa untuk 2020, selain tanggap covid 19, juga di fokuskan kepada penanggulangan bencana pencegahan banjir.

" selain covid 19, kita juga memprioritaskan pembangunan untuk drainase guna penanggulangan banjir yang kerap melanda warga kita, seperti kampung terendam, setiap musim hujan selalu menjadi langganan banjir". ungkap vasihan.

Tidak hanya sampai disitu saja, untuk Th 2020 ini, Pogram pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan Menjahit oleh kelompok PKK, seminar/ pengkajian Adat dan serak bagi kaum 4 jenis serta peningkatan kapasitas pengurus bumdes dan perangkat desa dalam waktu dekat ini juga akan dilaksanakan.

"Ya, hal tersebut kita akomodir mengingat didalam pemerintah desa ada beberapa unsur/lembaga yang ikut mendorong percepatan pembangunan di segala lini pada desa muara semerah mudik. Dan Kita berharap melalui pelatihan setiap lembaga, lebih berkompeten untuk menjalankan setiap program masing², sinergitas seluruh elemen adalah kunci untuk kemajuan desa kita". Jelasnya.

dan Pada tahun ini juga akan launching Bumdes Mekar Jaya desa muara semerah mudik, yang disuport dengan anggaran lebih kurang 170 juta rupiah" pungkas nya. (And)

Post a Comment

0 Comments