Azwardi, Sosok Dibalik SMAN 3 Sungai Penuh Dengan Banyak Prestasi

Azwardi bukhari, S.Pd., MM.
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sungai Penuh

Andalasnews.com, Sungai Penuh - Kamis (06/02), Siapa yang tidak mengenal SMAN 3 Sungaipenuh. SMA yang berlokasi di Jln. Muradi Desa Baru Srimenanti Kecamatan Koto Baru menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lainnya yang ada di Kota Sungaipenuh dan merupakan sekolah zonasi yang menjadi pelopor pendidikan dengan mutu tinggi bagi SMA binaan di sekitarnya.

Untuk diketahui bahwa SMAN 3 Sungaipenuh merupakan sekolah dengan penghargaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini. Namun, dibalik kesuksesannya ada sosok bertangan dingin yang membuat sekolah ini dari yang biasa saja menuju sekolah dengan banyak penghargaan meliputinya.

Dia adalah Bukhari, S.Pd., MM., seorang Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sungai Penuh yang saat ini memilih untuk kembali memimpin Sekolah Menengah Atas itu yang sudah dibangunnya sejak tahun 2013 silam.

Azwardi adalah seorang pemimpin dengan penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional yang menjadi Duta Provinsi Jambi saat diundang oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015.

Saat tim Andalasnews.com mewawancarai di ruangannya kemarin (05/02), ia menyebutkan bahwa saat ini Sekolah di bawah kepemimpinannya tersebut tengah gencar melaksanakan pembangunan karakter bagi siswa dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Kita saat ini sudah lakukan absensi wajah untuk kedisiplinan siswa dalam belajar serta melakukan pendekatan secara persuasif bagi siswa yang bermasalah di sekolah, bahkan saya sendiri yang akan turun tangan dalam menyelesaikan persoalan siswa tersebut," ungkapnya.


Di bidang pembangunan fisik, ia juga saat ini tengah memugar serta menambahkan spot-spot atau ruangan-ruangan baru yang akan difungsikan sebagai tempat kegiatan siswa dalam mengasah bakat mereka.

"Ya saat ini, lagi bangun Gazebo buat siswa yang kalau udah naik mereka harus pake Bahasa Inggris. Pentas untuk siswa juga lagi dibuat. Kalau ruang Osis, Ruang Pramuka itu tersendiri. Untuk kenyamanan siswa dalam berorganisasi di sekolah." Katanya.

Saat ditanyai mengenai persiapan Ujian Sekolah, ia menjelaskan bahwa siswa yang nantinya akan mengikuti Ujian Sekolah akan disediakan tablet sebagai pengganti ujian komputer online agar mereka nyaman dan rileks dalam mengerjakan ujian tersebut.

"Untuk ujian Sekolah kita udah sediakan 245 tablet supaya mereka nyaman ngerjain ujian itu. Pokoknya kita utamakan mutu lah kalau di sekolah ini." Tutupnya.

Jurnalis Andalasnews.com ( Iqbal Hanafi )

Post a Comment

0 Comments