Safwandi : "Pemerintah gagal tangani soal sampah"

Tumpukan sampah dialiran sungai temaro indah, desa kecil - semurup

Www.andalasnews.com, kerinci - Dari pantauan Andalas dilapangan, sepertinya pemerintah daerah kabupaten kerinci belum sepenuhnya berhasil menangani Persoalan sampah. Hal Ini terbukti hampir disepanjang aliran sungai di kerinci berserakan sampah hingga mengeluarkan bau yang tak sedap. Salahsatu aliran sungai yang menjadi langganan tempat untuk membuang sampah adalah sungai temaro indah, semurup.

Salah seorang warga desa kecil, semurup yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan, pembuangan sampah disungai temaro indah sudah biasa ia lakukan "mau dibuang kemana lagi, kecuali kami disediakan tempat pembuangan sampah". katanya

Melihat hal tersebut tokoh muda kerinci safwandi menilai bahwa pemerintah kabupaten kerinci khususnya dinas kebersihan kabupaten kerinci masih gagal menangani persoalan ini "mestinya dinas kebersihan punya program, adakan TPS (red, tempat pembuangan sampah) dibeberapa titik disetiap kecamatan, dan dalam beberapa minggu sekali diangkut, kendaraan operasional kebersihan kan ada". Kata tokoh muda tersebut.

Selain itu tokoh muda ini juga menyayangkan sikap pemerintahan desa yang seolah tidak prihatin terhadap tetcemarnya lingkungan oleh tumpukan sampah "pemerintah desa kan bisa menggunakan anggaran dana desa untuk membeli motor pengangkut sampah agar sampah tidak dibuang masyarakat sembarangan " tandasnya.

Safwandi (Pemerhati sosial & Tokoh muda kerinci)

Safwandi meminta agar pemerintah lebih tegas lagi menyikapi persoalan sampah, karena keberhasilan suatu daerah tergantung ketegasan dan kearifan para pemimpin dalam menyikapi setiap persoalan ditengah masyarakat "pemimpin itu memberi solusi terhadap masalah ditengah masyarakat, siap untuk dikritik dan disalahkan" pungkasnya. (Team)

Posting Komentar

0 Komentar