Anggota BPD Desa Koto Baru dan Desa Permai Indah disahkan

Acara pengesahan anggota BPD Desa Koto baru & Desa permai indah.

Www.andalasnews.com, Sungai penuh - Camat Kecamatan Koto Baru Tajzi, DPT sebagai perpanjangan tangan dari Walikota Sungai Penuh,  secara resmi melakukan peresmian dan pengesahan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Koto Baru dan Desa Permai Indah.

Pengesahan ini dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Koto Baru pada Jum'at, (22/11/2019) dan diikuti oleh Anggota BPD terpilih.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji Anggota BPD ini merupakan proses akhir dari rangkaian kegiatan pemilihan anggota yang dilakukan oleh pemerintah desa," kata Tajzi.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa bertujuan untuk membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan lakukan pengawasan kinerja kepala desa.

BPD lanjut Tajzi harus peka dan sigap dalam menampung aspirasi masyarakat, dan tidak menyepalekan tugasnya sebagai perwakilan masyarakat desa, serta mengawasi kinerja dari kepala desa.

"Tugas Dari BPD adalah mengawasi kinerja dari Kepala Desa. Tugas Kecamatan adalah memonitor kinerja dri kepala desa. pada akhir kinerja, kepala desa memberikan laporan kepada BPD. ," tegas Tajzi.

Untuk itu ia berharap, setiap anggota BPD dapat meningkatkan kualitas, kompetensi dan inovasi serta bisa memahami regulasi yang berlaku dan menghindari hubungan yang kurang harmonis dengan pemerintah desa. (Han)

Post a Comment

0 Comments