BANGGA!!! PUTRA DAERAH KERINCI TOREH PRESTASI NASIONAL

Aldiwan Haira Putra, S.STP 

WWW.andalasnews.com, Jakarta - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh Putra Daerah Kerinci di kancah nasional, terdapat satu orang berhasil masuk 100 dari 1.051 kandidat telah lolos dalam seleksi tahap pertama Anugerah ASN 2019. Dimana sebelumnya, mereka telah melewati seleksi administrasi.

Kerinci patut berbangga karena dari lebih 4,2 Juta ASN Indonesia putra daerahnya masuk dua nominasi sekaligus dari total tiga nominasi, dia adalah Aldiwan Haira Putra, S.STP dengan kategori PNS inspiratif dan kategori The Future Leader. Aldiwan, sapaan akrabnya adalah pemuda kelahiran Siulak, 05 April 1995. Pemuda 24 tahun ini merupakan lulusan institut pemerintah dalam negeri (IPDN) tahun 2017 asal pendaftaran Kabupaten Kerinci, Jambi. Yang saat ini tengah melaksanakan pengabdian tugasnya di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Selama bertugas disana, Aldiwan telah berhasil melakukan inovasi berupa pengembangan internet di kawasan terpencil yang sebelumnya tidak terjangkau jaringan apapun, dan juga internet gratis untuk masyarakat terpencil. prestasi tersebut menghantarkannya masuk 100 nomine penerima Anugerah ASN 2019.

Aldiwan Haira Putra, S.STP
Talkshow di Radio Andalas fm kerinci

“100 nomine tersebut terdiri dari 40 nomine untuk PNS Inspiratif, 30 nomine PPT Teladan, dan The Future Leader sebanyak 30 nomine dari berbagai instansi pusat dan daerah di seluruh Indonesia,” ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Rabu (09/10).


Pengumuman Anugerah ASN tahap pertama ini tertuang dalam pengumuman nomor 245/SM.99/2019 tentang Hasil Penilaian Tahap I Anugerah ASN Tahun 2019 The Future Leader, nomor 246/SM.99/2019 tentang Hasil Penilaian Tahap I Anugerah ASN Tahun 2019 Kategori PNS Inspiratif, dan nomor 247/SM.99/2019 tentang Hasil Penilaian Tahap I Anugerah ASN Tahun 2019 Kategori PPT Teladan.


Setiawan yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi Anugerah ASN 2019 menegaskan bahwa keputusan yang telah ditetapkan tidak dapat diganggu gugat. Keputusan Panitia Seleksi Anugerah ASN ini bersifat final,” tegasnya.


Sebelum memasuki tahap penilaian kedua, yakni seleksi portofolio, nomine untuk kategori PNS Inspiratif dan The Future Leader wajib untuk melengkapi data-data yang diperlukan oleh panitia. Pengisian data-data tersebut dilakukan melalui tautan bit.ly/AnugerahASN2019TahapII.


Banyaknya nomine yang terpilih untuk mengikuti tahapan selanjutnya, Setiawan optimis akan lahir duta-duta ASN yang dapat memberikan kontribusi serta pengaruh positif, baik untuk sesama ASN, instansinya, maupun masyarakat. Suasana kompetitif antar-ASN akan terbangun untuk dapat bersaing dalam memajukan Indonesia. Diharapkan masing-masing nomine bisa mengeluarkan potensinya dan dapat menunjukkan bukti kontribusi nyata yang benar-benar menginspirasi kita semua,” harap Setiawan.


Setiawan juga menambahkan bahwa dengan adanya ajang ini, pemerintah akan mendapatkan data ASN dengan talenta-talenta terbaik. Ajang yang kali kedua diadakan ini juga diharapkan dapat membangun persepsi positif masyarakat terhadap ASN atas kontribusinya sebagai pelayan publik dan juga perekat NKRI serta pemersatu bangsa. Selain itu, Anugerah ASN juga sejalan dengan visi kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam pengembangan SDM untuk mencetak ASN unggul.


Adapun rangkaian seleksi yang akan diikuti oleh nomine Anugerah ASN 2019 setelah penilaian portofolio adalah tahapan verifikasi lapangan, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas. Seluruh tahapan ini akan memperebutkan gelar Anugerah ASN 2019 untuk masing-masing kategori yang akan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB pada 13 November 2019.  [irm]

Posting Komentar

1 Komentar